Senin, 23 Januari 2012

Kebutuhan Manusia



A.  Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan manusia, merupakan cermin dari perasaan kekurangan yang dialami manusia . Kondisi ini memotivasi manusia untuk dapat memenuhinya .
Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan manusia adalah kegiatan manusia terhadap barang (benda) dan jasa yang dapat memberikan rasa kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani .

B.  Macam – Macam Kebutuhan

1.  Kebutuhan menurut intensitas kepentingan
Kebutuhan ditinjau dari tingkat intensitasnya mengandung arti seberapa penting kebutuhan tersebut harus dipenuhi manusia . Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia terdiri atas :
a.    Kebutuhan Primer, yaitu kebutuhan manusia yang pemenuhannya tidak dapat ditunda, dan harus segera dipenuhi . Kebutuhan primer ini menentukan kelangsungan hidup manusia selanjutnya . Contohnya : makanan, perumahan, pakaian, obat-obatan, dan lain-lain .
b.    Kebutuhan Sekunder,  merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi . Sifat kebutuhan sekunder ini, yaitu :
1)    Pemenuhannya dapat ditunda;
2)   Kebutuhan yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat;
3)   Alat pelekat terhadap kebutuhan primer .
Kebutuhan sekunder, misalnya televisi, radio, sepeda motor, dan lain-lain .
c.    Kebutuhan Tersier, yaitu kebutuhan ketiga setelah kebutuhan primer dan sekunder . Barang-barang mewah merupakan contoh kebutuhan tersier . Misalnya : villa, berlain, mobil mewah, dan sebagainya .

2.  Kebutuhan menurut sosial budaya
Kebutuahan sosial budaya merupan kebutuhan yang sangat erat kaitannya dengan faktor lingkungan dan tradisi masyarakat serta dengan sifat-sifat psikologi manusia . Kebutuhan menurut sosial budaya dapat dirinci sebagai berikut :
a.    Kebutuhan Sosial , merupakan kebutuhan yang muncul sebagai akibat tuntutan hidup di masyarakat tempat ia tinggal . Kedudukan tertentu di masyarakat mengharuskan seseorang mempunyai atau melakukan upaya yang di pandang pantas  . Misalnya : mengenakan pakaian dan sepatu yang pantas dan lain-lain .
b.    Kebutuhan Psikologis , merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan kebutuhan sifat rohani atau kejiwaan manusia . Misalnya : kebutuhan akan rasa aman, rasa dihargai, kebutuhan keamanan dan ketentraman hati, serta kebebasan mengatur hidupnya .

3.  Kebutuhan menurut waktu

Kebutuhan menurut waktu didasarkan pada jangka waktu penggunaannya . Kebutuhan waktu dapat dibedakan sebagai berikut :
a.    Kebutuhan Sekarang , adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda atau harus dipenuhi segera, misalnya makan minum, pakaian, dan kesehatan . Apabila kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .
b.    Kebutuhan Masa Depan , adalah kebutuhan dalam bentuk persiapan atau persediaan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang . Misalnya : pembelian padi para petani oleh BULOG pada waktu panen raya, untuk persiapan musim paceklik, atau menabung untuk masa yang akan datang .
c.    Kebutuhan yang tidak tentu waktunya , adalah kebutuhan yang muncul secara tiba-tiba atau sifatnya insidentil . Misalnya : kebtuhan seorang dokter ketika kita sakit .

4.    Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnya

Kebutuhan ini berhubungan  erat dengan pengaruhnya terhadap jasmani dan rohani, meliputi :
a.    Kebutuhan jasmani , adalah kebutuhan manusia yang berkaitan langsung denga pertumbuhan fisik manusia, agar manusia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya . Contohnya : makanan, minuman, pakaian, perumahan, dan lain-lain .
b.    Kebutuhan rohani , adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya berhubungan dengan batin manusia . Kebutuhan rohani bersifat abstrak, tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan manfaatnya . Contohnya : pendidikan, mendengarkan ceramah agama, musik, dan sebagainya .
Termasuk kebutuhan menurut sifatnya adalah kebutuhan kultural, antara lain kebutuhan manusia yang mencerminkan keberadaannya sebagai makhluk berbudaya (ciri-ciri manusia beradab) . Wujudnya dapat berupa kesenian, pakaian, perilaku, dan lain-lain .

5.  Kebutuhan menurut subyek yang dibutuhkan

Kebutuhan ini berhubungan dengan jumlah orang yang membutuhkan . Kebutuhan ini dapat dibedakan sebagai berikut :
a.    Kebutuhan individu , merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang . Tiap orang mempunyai kebutuhan yang individu yang berbeda-beda .
b.    Kebutuhan masyarakat, merupakan kebutuhan yang diperuntukkan bagi orang banyak secara bersama-sama . Contonya : telepon umum, sekolah dan fasilitas umum lainnya .

6.  Kebutuhan menurut wujud

a.    Kebutuhan berupa barang atau disebut juga kebutuhan material , yaitu kebutuhan manusia yang berwujud . Misalnya : makanan, minuman, rumah, kendaraan, dan sebagainya .
b.    Kebutuhan berupa jasa atau kebutuhan immaterial (spritual) , yaitu kebutuhan manusia yang tidak dapat dilihat wujud fisiknya tetapi mafaatnya dapat dirasakan . Misalnya : ibadah, kesehatan, hiburan, dan sebagainya .

C.  Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

1.  Pertambahan Penduduk
Kebutuhan manusia akan meningkat, baik secara kuantitas maupaun kualitas, sejalan dengan jumlah penduduk yang terus meningkat .
2.  Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ilmu-ilmu kemanusiaan
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ilmu-ilmu humaniora (ilmu-ilmu kemanusiaan) menjadikan munculnya kebutuhan manusia akan produk dari kemajuan-kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, dan ilmu-ilmu humaniora tersebut .
3.  Taraf hidup yang semakin meningkat
Taraf kehidupan manusia yang terus meningkat, menjadikan manusia punya tuntutan kebutuhan yang terus berkembang seiring dengan kemampuan sosial ekonominya dan juga terus meningkat .
4.  Lingkungan
Lingkungan akan mempengaruhi jenis-jenis kebutuhan manusia . Misalnya kebutuhan manusia yang bertempat tinggal di daeraha pegunungan  berbeda dengan kebutuhan manusia yang tinggal di tepi pantai .
5.  Tingkat sosial budaya yang semakin meningkat
Peningkatan kehidupan sosial budaya masyarakat, akan menuntut kemajuan sosial budaya masyarakat tersebut .
6.  Jenis pekerjaan
Jenis pekerjaan dapat mempengaruhi keanekaragaman kebutuhan manusia . Misalnya tukang bangunan dalam melaksanakan pekerjaan, jarang memerlukan pakaian yang lengkap dengan dasi, tetapi bagi para pekerja kantor, banyak memerlukan pakaian yang lebih baik dan bagus .
7.  Usia
Usia seseorang tentu banyak mempengaruhi kebutuhannya . Sebagai contoh, orang dewasa banyak membutuhkan keperluan sehari-hari daripada anak kecil .
8.  Agama
Agama yang dianut seseorang menyebabkan kebutuhan tiap-tiap orang menjadi berbeda . Misalnya : dalam membeli makanan, tentu ia akan memilih makanan yang dihalalkan menurut agamanya .
9.  Pendidikan
Tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi keanekaragaman kebutuhannya . Orang yang berpendidikan tinggi akan berbeda dengan orang berpendidikan rendah dalam pemenuhan kebutuhannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar