Rabu, 23 November 2011

ATRAKSI WISATA NATURAL


ATRAKSI WISATA NATURAL
·         Jembatan akar
Terletak di kampung Pulut-pulut, Kecamatan Bayang Utara. Objek wisata ini berjarak 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang.
·         Air Terjun Baburai
Berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman yang terletak di Nagari Sikucur,  Koto Kampung, Kecamatan Dalam, sekitar 78 km dari kota Padang, 58 km dari Bandara Bandara Internasional Minangkabau dan 20 km dari Kota Pariaman.
·         Danau Maninjau
Berlokasi di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia.  Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.
·         Air Terjun Si Kayan Balumuik
Terletak dipunggung bukit barisan,  17km arah ke timur dari kota padang. Tepatnya di bukit Sarasah, Desa Kota Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh.
·         Pantai Bandar Mutiara
Terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, yang berjarak kira-kira 100km dari Kota Padang atau 20km dari Lubuk Basuh, Ibukota Kabupaten Agam.
·         Danau Diatas Danau Dibawah
Danau diatas terletak di Kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjang. Lokasinya ± 25 km sebelah timur ibukota Kabupaten Solok Kayu Aro kearah Muara Labuh ( Sungai Pagu ).
·         Pantai Arta
Terletak ±16 km dari pusat Kota Pariaman tepatnya di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.
·         Pantai Barcelona
Terletak di Nagari Sei Limau,  Kecamatan Sungai Limau, 70 km dari Kota Padang,50 km dari Bandara Internasional Minangkabau  dan 20 km Kota Pariaman.
·         Air terjun Timbulun Kota Biah
Terletak di Jorong Koto Biah,  Nagari Kota Baru,  Kecamatan Sungai Pagu. Sekitar ± 2,5                  km dari jalan raya Pekan Selasa Muara Labuh dan ± 30 km dari Padang Aro.
·         Ngarai Sianok
Lokasi Taman Panorama Ngarai Sianok sendiri terletak di dalam kota Bukit Tinggi. Jaraknya kurang dari 1 km dari pusat kota Bukit Tinggi, yaitu kawasan Jam Gadang dan Pasar Atas.






ATRAKSI WISATA MANMADE

§  Makam Keramat Tanjung Lilin

Terletak di Kenagarian Taeh Baruah, Kecamatan Payahkumbuh ± 8km arah utara Kota Payahkumbuh.

§  Jam Gadang

Berada diatas kawasan Taman Sabai Nan Aluih didepan Istana Bung Hatta, terletak di Kota Bukittinggi. Merupakan titik nol Kota Bukittinggi.

§  Lubang Jepang

Terletak di tengah taman panorama di Ngarai Sianok dibawah Kota Bukittinggi. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

§  Taman Panorama

Berlokasi di Jl.Panorama yang berjarak 1km dari pusat Kota Bukittinggi. Dari dalam taman ini kita dapat melihat pemandangan kearah lembah Ngarai Sianok dan latar belakang Gunung Singgalang.

§  Museum Militer

Terletak di Jl. Panorama Kota Bukittinggi, memiliki koleksi antara lain foto-foto tua mengenai perjuangan rakyat Sumatera Barat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

§  Museum Goedang Ransoem

Terletak di Kota Lama Sawahlunto, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar. Merupakan bekas dapur umum yang dipergunakan pemerintah kolonial Belanda untuk memenuhi kebutuhan para pekerjanya termasuk ‘Orang Rantai’.

§  Benteng Fort de Kock

Berlokasi di Bukit Jirek, kota Bukittinggi, dan dibangun pada tahun 1825 oleh Kapten Bauer. Benteng ini sengaja dibangun dan digunakan oleh Belanda pada saat itu untuk menghadapi Perang Paderi, yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.


§  Museum Kereta Api Sawahlunto

Terletak di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kampung Aia Dingin. Museum ini luasnya 1.500 meter persegi dan merupakan museum kereta api ke-2 di Indonesia.

§  Museum Adityawarman

Terletak di Jl. Diponegoro No.10, kurang lebih 1 km dari pusat kota.

§  Gedung Joeang ‘45

Terletak di pinggir Pantai Padang tepatnya di Jl. Samudra No.8 Padang. Opening Hour : Senin Tutup, Selasa s/d Jumat ; 08.00 – 14.00 WIB Sabtu s/d Minggu; 08.00 – 16.00 WIB

§  Kampung Cina

Terletak di sebelah selatan dari pusat bisnis dan perdagangan Kota Padang. Di Kampung Cina ini mulai dari Jl. Hiligoo terus ke selatan menuju Jl. Pondok dan Jl. Naga, disana terdapat rumah-rumah tua milik keluarga Cina.






ATRAKSI WISATA CULTURAL

v  Rumah Songket Pandai Sikek

Alamat         : Jl. Baruah Pandai Sikek, Tanah Datar - Sumbar
                       Jl.Raya Padang - Bukittinggi Samp. Restoran salero Baru
                       Jl. Ratulangi No.5A Padang
Telp.  0812-66616070 / 0812-6784513 / (0752) 498074 / (0751) 34168

v  Toko Bordir dan Sulaman khas Padang

Sepanjang  Jl. Raya Bengkawas, Bukittinggi

v  Silungkang Art Center

Jl. Imam Bonjol No.11 E  Padang, Sumatera Barat
Telp. (0751) 26606

v  Rumah Adat Kampai Nan Panjang ( Rumah Adat Tertua ± 350 tahun)

Terletak di desa Balimbing, Kec. Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Padang

v  Rumah Fak Sin Kek (Rumah Adat Padang bergaya Cina )

Didirikan pada tahun 1906
Jl. M.Yamin, Kelurahan Pasar, Kota Sawahlunto, Padang

v  Silungkang

Sebuah kota budaya yang berada di Sawahlunto Padang, terkenal dengan tenunan songketnya dan kerajinan tradisional  khas kota Padang.

v  Restoran Pauh dan Restoran Cek Elok

Lokasinya ada di Jl Khatib Sulaiman di dekat kantor Indosat Padang, keduanya restoran bersebrangan jalan. Menu khas yang disediakan adalah gulai ikan.



v  Restoran Suasso

Lokasinya di Komplek GOR H. Agus Salim (dijalan di samaping Gedung Wanita)
menyediakan menu masakan khas Padang  juga masakan Indonesia, serta masakan Internasional.

v  Desa Pariangan di Tanah Datar

Terletak di tepi jalan raya dilereng Gunung Merapi Padang Panjang - Batusangkar. Di desa ini dapat dilihat asal-usul desa adat yang mencerminkan kehidupan sosial Minangkabau seperti masjid, rumah tradisional, nasi gudang yang merupakan unsur penting dari suatu kelompok sosial orang Minangkabau. Ada beberapa peninggalan sejarah seperti batu basurek, kuburan Dt. Tantejo Gurhano arsitek rumah tradisional Minangkabau.

v  Tari Piring
Setiap kecamatan dan kabupaten yang ada di Sumatra Barat memiliki grup kesenian Tari Piring. Biasanya, grup tersebut selalu siap tampil untuk menghibur masyarakat pada acara-acara besar yang ada di masing-masing kecamatan atau kabupaten di Sumatra Barat. Bagi para wisatawan yang ingin melihat Tari Piring bisa datang ke kota-kota yang ada di Sumatra Barat. Untuk Kota Padang, misalnya, cukup dengan satu kali naik mobil dari Bandara Ketaping ke Kota Padang, para wisatawan sudah bisa sampai di lokasi untuk menyaksikan Tari Piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar